A New Language

Jadi, semester ini gw mulai ikutan semacam les bahasa yang ada di kampus gw.

Kampus gw punya semacam pusat bahasa yang mengadakan les bahasa asing. Pilihannya lumayan banyak, dari bahasa Korea sampai bahasa Perancis. Untuk mahasiswa kampus dan alumni, ada diskonnya, which is lumayan gede. Jadi gw bisa les bahasa asing dengan harga yg lumayan murah dibandingkan kalau di luar kampus.

Jadi, gw les apa?

Berhubung aslinya gw dulu pengen masuk jurusan sastra Jerman namun tak kesampean ("Masuk sastra mau jadi apa?"), akhirnya gw les bahasa Jerman. Yeeeeey! It's a start, at least.

Gw ga tau kenapa, tapi dari dulu gw tertarik sama bahasa Jerman. Walaupun, iya, mungkin jarang banget kepake. Gw lupa mulai dari mana, mungkin mulai dari zaman SMA, ketika gw tau kalau guru sastra gw bisa bahasa Jerman. Which is totally cool.

Dulu gw sempat nempel-nempel beberapa poster di pintu kelas, salah satunya angka-angka bahasa Jerman bersama seorang tokoh anime (karena itu zaman gw wibu lumayan keras). Waktu kelas sastra, Bu Belen, yang biasanya cool, kelihatan seneng sama itu poster. Of course, gw merasa berbunga-bunga banget.

Ah, Bu Belen. Orang yang keren sekali, tipe orang yang kuat dan disiplin. Beliau betul betul cinta dengan sastra, dan karena beliau gw jadi ikut suka walaupun gitu-gitu aja. Cerita-ceritanya pun menarik--salah satu yg gw ingat adalah beliau pernah bertemu dengan Chairul Anwar. Beliau sudah tua--semoga beliau baik-baik saja sekarang.

Bu Belen pernah ngasih kelas gw tugas (dikerjakan di kelas) musikalisasi puisi 'Maju' dari Chairil Anwar. Salah satu temen sekelas gw waktu itu bisa main musik, dan musikalisasi puisi mereka bagus banget sampai direkam Bu Belen. Not long after, sekolah ngadain lomba perkusi antar kelas, dan kelas gw pakai musikalisasi puisi itu lagi. 

Karena gw somehow diikutkan lomba baju barang bekas, gw ga ikut perkusi. Gw ga menang, tapi hasil kerja keras gw dan temen gw lumayan kelihatan. Cuma kita yang jahit sendiri, buat properti sendiri, dan kostumnya juga paling beda. Karena gw yg pake (lol), kostumnya bukan dress, tapi semacam double breasted suit, pakai tophat yang greget dan walking cane. Juri berkata, kostumnya rapi, tapi kurang 'berbunga', which is kinda sad.

Setelah berminggu-minggu latihan di rumah gw, kelas gw menang! Mantap betul. Walaupun kelas gw isinya cuma 15, gw rasa lumayan solid lah.

Ah, maaf, jadi nostalgia (lol). Gw jadi senyum-senyum sendiri. Lanjut.

Jadi, bahasa Jerman.

Selain awal yang rada bermasalah (gw ga sadar dapat sms jadwal, jadi gw ga sengaja ga masuk kelas pertama), gw pelan-pelan belajar. Exposure gw terhadap bahasa Jerman cuma sedikit. Gw punya kamus dan buku belajar bahasa Jerman sejak awal SMA, dan gw sempat baca-baca, tapi yang gw ingat cuma sekelibet pronounciation. Lalu semester lalu gw sempat nyoba duolingo, tapi karena gw males jadi lama-lama ditinggal. Gw pun ga ingat apa-apa. Palingan cuma guten tag, wie heissen Sie, mein name ist blablabla yang standar itu. Untuk gw, bahasa Jerman sedikit lebih sulit dipelajari daripada bahasa Inggris atau bahasa Jepang. 

Dulu waktu masih SD, gw suka main game dan nonton serial TV macam CSI atau dokumenter NatGeo, jadi gw tanpa sadar dengan cepat belajar bahasa Inggris. Kemudian, gw menjadi wibu, jadi gw bisa belajar speech bahasa Jepang lumayan cepet. Sekarang pun walaupun gw ga aktif belajar bahasa Jepang (gw ga kuat ngapal kanji), karena gw sering ketemu video Jepang di Youtube, gw masih belajar dikit demi dikit.

Nah, bahasa Jerman?

Gw susah banget ketemu media berbahasa Jerman yang enjoyable di youtube. Ada beberapa tutorial yang gw paksa tonton baru-baru ini, tapi ga tau deh kalau nyangkut apa nggak, karena itu masih 'tutorial' dan otak gw menolak tutorial. Semoga pronounciationnya nyangkut, setidaknya. Gw mau pamer dikit--pronounciation gw sempat dipuji sama guru les gw. Katanya mirip orang Jerman, sedangkan dia masih ada medhok Jawanya. Gw ga percaya, but it's still nice--berbunga-bunga episode dua, apalagi biasanya gw kalau disuruh nerjemah bengong 10 detik dulu. Duolingo dan buku yg gw sok baca dulu itu ternyata berguna. Gajelas tinggal dimana jd lumayan berguna--logat gw jadi ga terlalu Tarakan, dan ga terlalu Surabaya juga.

Seperti halnya gw ketika belajar bahasa Jepang (males belajar kanji), gw lambat soal vocabulary bahasa Jerman. Karena kamus gw di Tarakan, gw beli kamus lagi di sini. 99 rebu... Lumayan euy. Nyaris gapernah gw sentuh--saking malesnya, gw cuma nyentuh google translate (lol). Dulu, kalau gw ketemu kata baru, gw nyari artinya. Sekarang gw males :')

Jadi, intinya menurut gw kalau mau belajar bahasa asing itu perlu banyak-banyak hard exposure. Listening itu super duper penting. Misal, kalau pengen belajar bahasa Korea, banyak-banyak nonton variety show tanpa subs sambil pegang kamus (loljk). Also, anak kecil sekarang banyak yang grammarnya spotless. Kenapa? Karena mereka kebiasaan nonton youtube bahasa Inggris. It's nice, tapi semoga bahasa Indonesianya bener dulu yak itu :^)

Les bahasa Jerman ternyata lebih membantu gw dari yg gw kira. Suatu hal yang baru di antara kejenuhan dunia desain dan nggambar. Suatu hal lain yang bisa dipikirin selain Tugas Akhir dan sosial media. Plus, gw bisa ngambil kembali passion gw yang sempat hilang. Toh, menggambar itu dari awal sebenernya cuma hobi gw. Walaupun gw ga nyesel masuk desain produk, gw masih suka sama bahasa. Kalau gw ga suka, ngapain gw ngelawan emak waktu penjuruan SMA?

Lastly, on a very different note, gw akhir-akhir ini sering kesel. Apakah gw yg mulai terlalu sensi, atau memang orang-orang di sekitar gw yang memang bikin kesel?

Kata orang, mendem itu ga baik. Tapi, melampiaskan juga bisa ga baik.

Jadi, batasnya dimana?

Bis später,

Kucing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebi Selfie Drawing

KeBi Male Version

Direktur Mun